Senin, 10 Agustus 2015

Kekunaan Candi Mleri

         Candi Mleri terletak di Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Letaknya tidak terlalu jauh dari kawasan Gunung Pegat yang ada di KecamatanSrengat. Mleri sendiri memiliki arti tempat peristirahatan. Candi ini juga biasa disebut Kekunaan Mleri karena kondisinya yang terkesan sudah kuno. Candi ini banyak dikunjungi oleh peziarah maupun pelajar yang ingin mencari informasi lebih mengenai Candi Mleri.
          Keberadaa Candi Mleri sudah diketahui sejak tahun 1012 Masehi. Candi ini merupakan candi makam peninggalan Kerajaan Majapahit yang ditandai dengan adanya tanaman Maja di depan area Candi Mleri. Di dalam kompleks candi terdapat 6 makam yang terdiri dari makam Raja dan Ratu Singosari serta para prajuritnya. Makam utama terletak di sebuah rumahkecil yang terdiri dari dua makam, yaitu makam Raja dan Ratu Singosari .Candi ini diresmikan Pemerintah Provinsi sekitar tahun 1978.
Keadaan di candi inicukup bersih, dengan dikelilingi beberapa pohon besars eperti pohonMaja dan pohon sawo.
           Untuk menuju lokasi cukup mudah. Apabila kita dari arah timur  atau Kota Blitar, sampai perempatan Poluhan, kita terus menuju ke barat. Lalu terdapat perempatan pertama di sebelah barat SMA 1 Srengat kita belok ke kanan. Setelah terdapat perempatan kita bisa mengambil arah ke kiri sampai terdapat musholla. Sampailah kita di CandiMleri yang terdapat di sebelah barat musholla.
Selain itu kita bias mengambil arah dari perempatan Poluwan terus ke barat hingga terdapa tperempatan kedua yang biasa disebut Perempatan Eko Karyo oleh penduduk sekitar. Dari perempatan tersebut, kita mengambil arah ke kanan. Kemudian sampai di perempatan pertama belok ke kanan. Kemudian terdapat perempatan lagi, kita belok kiri menuju areal persawahan. Jalan di sekitar persawahan ini belum beraspal sehingga berdebu dan kita harus berhati-hati. Sampai ada pertigaan, belok ke kanan kurang lebih 300 meter. Sampailah kita di depan CandiMleri.
           Untuk masuk ke Candi Mleri pengunjung tidak dipungut biaya, pengunjung hanya diminta mengisi buku tamu. Kompleks candi ini memang tertutup, sehingga sebelum masuk ke areal CandiMleri ini, pengunjung harus mengunjungi rumah juru pemelihara (jupel) di sekitar CandiMleri ini untuk mengisi buku tamu.Setelah itu, baru pengunjung dibukakan pintu untuk masuk ke candi tersebut. Untuk masuk ke dalam candi ini,  pengunjung akan di damping oleh seorang jupel. Jupel sendiri merupakan masyarakat yang tinggal di sekitar candi tersebut danposisi ini diwariskan secara turun temurun.
             Di depan area Candi Mleri terdapat pohon Maja yang memiliki buah berbentuk bulat berwarna hijau dan berukuran sebesar buah kelapa. Buahnya memang tidak bias dimakan, namun menurut jupel Candi Mleri, buah ini bias disuling menjadi minyak dan dapat dijadikan obat berbagai penyakit.
Pemandangan sekitar candi cukup asri. Banyak pohon besar dan persawahan di sekitarnya menyajikan panorama indah dan udara pun sejuk. Letaknya memang dekat dengan persawahan dan juga lereng Gunung Pegat, sehingga pengunjung juga bias menikmati keindahan di sekitar Candi Mleri tersebut. Terdapat 2 jenis makam di area candi, yaituLingga dan Yoni. Lingga adalah makam untuk lelaki, sedangkan Yoni adalah makam untuk perempuan. Secara struktur dan bentuknya, kedua makam ini memang berbeda.
Di candi ini juga terdapat tempat pemandian bayi Hindu pada masa itu. Selain itu juga biasa digunakan dalam upacara 7 bulanan. Selain makam, terdapat dua buah bat udengan relief yang menggunakan huruf Pallawa. Namun sayangnya, jupel candi ini hanya mengetahui arti tulisan bagian awalnya, yaitu berupa ucapan salam bagi orang Hindu.
              Sayangnya, candi ini sudah jarang dikunjungi. Biasanya pengunjungnya adalah peziarah yang sekedar ingin menaburkan bunga di makam. Selain itu, belum ada papan penunjuk jalan menuju lokasi sehingga bagi pengunjung yang berasal dari luar Kecamatan Srengat harus bertanya kepada masyarakat sekitar untuk menemukannya, mengingat letaknya yang berada cukup jauh dari jalan raya.
Untuk mengembangkan candi ini, perlu diberikan papan penunjuk arah menuju Candi Mleri. Dari segi kebersihan, candi ini sudah cukup bersih.Namun masih perlu dilakukan perbaikan jalan dari arah barat di sekitar persawahan menuju Candi.

0 komentar:

Posting Komentar